Eksotisme Budaya dan Alam di Festival Danau Sentarum Betung Kerihun 2018

Untuk mempromosikan potensi wisata alam Kapuas Hulu yang khas, dengan kearifan lokal masyarakat yang tinggal di sekitar Danau Sentarum, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat akan menggelar Festival Danau Sentarum Betung Kerihun. Festival akan diselenggarakan pada 25-28 Oktober 2018, di Kecamatan Batang Lupar, Kalimantan Barat.

Wisata Jantung Borneo
Memasuki tahun penyelenggaraan yang keempat, Festival Danau Sentarum 2018 mengambil tema Memacu Ekowisata Lintas Batas di Jantung Borneo. Rangkaian Festival Danau Sentarum kali ini akan dikemas sedemikian rupa dengan memperlombakan beberapa kegiatan menarik, diantaranya Danau Sentarum Cruise, Parade Perahu Tradisional, Sentarum Ethnic Music Festival, Kontes Arwana Super Red, Karnaval Budaya, dan Festival Minum Madu.

Selain itu, diadakan juga berbagai pagelaran seni budaya dan hiburan masyarakat, dan sejumlah perlombaan tradisional sesuai kearifan lokal seperti lomba sumpit dan pangkak gasing dan lomba perahu naga. Tak ketinggalan, Festival Danau Sentarum kali ini juga akan dilaksanakan kontes ikan arwana, bersepeda di jantung Borneo, pameran produk masyarakat, parade perahu tradisional, duta Danau Sentarum, serta berbagai kegiatan lainnya.

Didukung oleh keragaman dan keunikan budaya yang masih dilestarikan keasliannya sampai sekarang, Kabupaten Kapuas Hulu masih menjadi destinasi wisata utama di Provinsi Kalimantan Barat. Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki keindahan pemandangan alam, keunikan, dan spesies endemik. Tanaman dan hewan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas Hulu.

Menurut data Kementerian Pariwisata, wisatawan yang megunjungi Danau Sentarum saat berlangsungnya Festival Danau Sentarum mencapai 7.865 orang, dengan 7.000 orangnya wisatawan mancanegara yang berasal dari Malaysia. Festival Danau Sentarum Betung Kerihun 2018 akan memberikan banyak manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung, yakni sebagai promosi objek wisata Dayak.

Kapuas Hulu memiliki sejumlah aset wisata kelas dunia. Seperti Taman Nasional Betung Kerihun dan Taman Nasional Danau Sentarum beserta daerah sekitarnya, serta di situs budaya di Kapuas Hulu.
Untuk bisa mencapai Danau Sentarum, Sobat Pesona bisa berangkat dari Pontianak, melalui Sintang, dan menuju ke Semitau.

Jika menggunakan mobil, perjalanan bisa ditempuh selama 11 jam perjalanan. Selain itu, Sobat Pesona juga bisa menggunakan longboat atau bandong dari Sintang menuju Semitau yang ditempuh selama 7 jam. Semitau menuju Danau Sentarum masih harus ditempuh dengan perahu motor jurusan Lanjak. Menempuh perjalanan panjang menggunakan longboat akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak bakal bisa dilupakan.